Skip to main content

Featured

Tugas 3 Softskill (Bahasa Inggris Bisnis 2)

Nama : Boby Pahlevi Cagar Perkasa NPM  : 12114213 Kelas  : 4KA10 English Softskill 3rd Task (TOEFL Task 6-30) 6.        B. She’s been working late 7.        C. Fine 8.        C. Yes, if he borrows the money from the woman 9.        C. Canada 10.    C. She has gone to get her gas tank filled with gasoline 11.    C. They didn’t know about the meeting 12.    C. His classmate made good grades, but he didn’t 13.    A. The dean was asked to question several students 14.    D. Ask for assistance 15.    B. He didn’t go to the concert because he had too much work to do 16.    C. He may keep the library books longer 17.    B. He is afraid he’ll become fat if he stops smoking. 18.    C. He hasn’t studied lately but will likely get good grades. 19.    A. His meat wasn’t tender. 20.    B. It seems that he forgot about their meeting. 21.    B. Fruit 22.    C. They went to St. Augustine. 23.    B. Hot dog originated in the United States. 24.    B. He h

6. Representasi Pengetahuan

A.     Arti Pengetahuan
Pengetahuan adalah hal yang utama dalam sistem pakar yaitu fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman. Pengetahuan dibedakan menjadi 3 klasifikasi yaitu:
1.                   Prodecural Knowledge adalah pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur atau cara untuk melakukan sesuatu. Contohnya, bagaimana cara mendidihkan air dalam panci.
2.                  Declarative Knowledge adalah pengetahuan untuk dapat menentukan nilai benar dan salah suatu hal. Contohnya, jangan celupkan tangan anda dalam air yang mendidih.
3.                  Tacid Knowledge kadang disebut juga sebagai "unconscious knowledge", karena pengetahuan tidak dapat diekspresikan atau didefinisikan dengan bahasa. Contohnya, bagaimana menggerakkan tangan.
Representasi pengetahuan adalah cara untuk menyajikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat diketahui relasi antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan yang lain dan dapat dipakai untuk menguji kebenaran penalarannya.

B.     Produksi
Aturan Produksi (kaidah produksi) adalah salah satu representasi pengetahuan yang menghubungkan premis dengan konklusi. Aturan produksi adalah jenis representasi pengetahuan yang paling umum digunakan karena memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan kekurangannya.
Pengetahuan dalam kaidah produksi direpresentasikan dalam bentuk:

JIKA [kondisi] MAKA [Aksi]
JIKA [premis] MAKA [Konklusi]

Bentuknya: If Premis Then Konklusi
Konklusi pada bagian then bernilai benar jika premis pada bagian if bernilai benar.
Contoh: If  hari ini hujan then saya tidak kuliah.

C.     Jaringan Semantik
Jaringan Semantik adalah teknik representasi dalam artificial intelligence klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai proposional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan deklaratif.
Jaringan Semantik pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia. Struktur semantik nets berupa grafik dengan node (simpul) dan arc (ruas) yang menghubungkannya.
Pengetahuan disusun dalam sebuah jaringan yang memiliki komponen utama:
-  Nodemenyatakan obyek, konsep, atau situasiDinyatakan dengan kotak atau lingkaran
-  Arcs/Linkmenyatakan hubungan antar nodeDinyatakan dengan tanda panah.

D.    Triple Obyek-Atribut-Nilai
Bentuk object-attribute-value triple daapat digunakan untuk mempresentasikan semua karakteristik pengetahuan dalam semantic net dan digunakan pada sistem pakar MYCIN untuk mendiagnosa penykit infeksi.

E.     Schemata: Frame dan Script
Ø  Frame
Salah satu tipe skema yang digunakan dalam beberapa aplikasi AI adalah frame. Frame merupakan struktur yang baik untuk mempresentasikan objek yang tipikal dalam situasi tertentu. Karakteristik dasar frame adalah frame mempresentasikan pengetahuan yang terkait mengenai sebuah subjek yang sempit dan memiliki default. Sistem frame adalah pilihan yang baik untuk mendeskripsikan peralatan mekanik seperti mobil. Frame mencoba memodelkan obyek yang ada di dunia nyata menggunakan pengetahuan generik untuk atribut yang banyak dimiliki oleh obyek dan pengetahuan spesifik untuk kasus khusus. Frame merupakan semantik net dilengkapi dengan propertiesSuatu Frame menggambarkan entitas sebagai set dari attribute dan nilai yang bersesuaianSuatu frame dapat berelasi dengan frame yang lainnya.

Tiga komponen utama dari frame:
        1. Frame name
        2. Attributes (slots)
        3. Values (subslots)

Contoh: Deskripsi frame untuk robot
ROBOT:
Spesifikasi dari          : Alat Mekanik
Program                      : Kecerdasan Buatan
Jenis                             : Robot mobile, robot jaringan, robot manipulator

Ø  Robot mobile:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Menggunakan roda
Kegunaan: Penelitian robot

Ø  Robot jaringan:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Jaringan internet
Kegunaan: Penjinak bom

Ø  Robot manipulator:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Mempunyai tangan
Kegunaan: Memindahkan barang

      Setiap frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip record, berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype. Slot-slot dalam frame dapat berisi : 

– Informasi identifikasi frame
– Hubungan frame dengan frame lain
– Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame
– Informasi procedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan
– Informasi default frame
– Informasi terbaru

Ø  Script
Script adalah skema representasi pengetahuan yang menggambarkan urutan-urutan kejadian (sequence of events). Script dilengkapi dengan elemen-elemen agar lebih memudahkan dalam memahami urutan kejadian.

a. Track/Jalur             : variasi yang mungkin terjadi dalam script
b. Kondisi Input         : situasi yang harus dipenuhi sebelum sesuatu kejadian terjadi
c. Prop/Pendukung   : objek pendukung yang digunakan dalam urutan peristiwa yanterjadi
d. Role/Peran              : orang-orang yang terlibat dalam suatu peran
e. Scene/Adegan         : urutan peristiwa aktual
f.  Hasil                         : kondisi akhir yang terjadi setelah urutan peristiwa dalam script

Contoh script memadamkan api
Script Robot Pemadam Kebakaran
Jalur (track)                : lokasi kebakaran
Peran (roles)               : user, robot
Pendukung (prop)     : air, sensor, tombol on/off, dll
Kondisi masukan       : suhu panas – sensor mendeteksi suhu

Adegan (scene) 1 : Nyalakan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi on

Adegan (scene) 2 : Deteksi suhu
- Sensor mendeteksi suhu panas
- Sensor memberikan masukan pada mikrokontroler
- Minkrokontroler merespon masukan

Adegan (scene) 3 : Padamkan api
- Robot mendekati api sampai jarak aman
- Robot menyemprotkan air

Adegan (scene) 4 : Matikan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi off

Hasil :
- Api padam


REFERENSI:


Comments

Popular Posts